Mewujudkan peserta didik yang unggul dalam Prestasi dan Iman yang mantap
Data Sekolah
Galery
Tugas TIK Kelas XI
ORGANISASI MAN 2 PEKALONGAN
KeGiatan Documentasi Sekolah
BELAJAR EFEKTIF PRESTASI TERWUJUD
Senin, 17 Januari 2011

BELAJAR EFEKTIF PRESTASI TERWUJUD


Ini adalah sebuah curhatan dariku,teman-temanku bila kalian punya masalah seperti ku, semoga kalian bisa mendapat solusi yang tepat.
Teman-temanku masa SMA adalah masa yang di tunggu-tunggu oleh semua pelajar, karena masa SMA merupakan masa yang sangat indah, dimana kita bisa berkumpul bersama teman-teman,main bareng ,canda tawa bareng yang pastinya mengasyikan bukan?
Masa SMA identik dengan masa remaja yang masih memiliki rasa egois yang tinggi, kita selalu ingin memperoleh yang kita inginkan,dan tanpa halangan apapun,tingkat emosi masih tinggi, selalu bersantai_santai dalam menjalani sekolah,tanpa prihatin sedikitpun.
Itu semua juga terjadi padaku,entah kenapa semua itu harus terjadi.masa SMA memang mengasyikkan saking asyiknya sampai-sampai aku lupa pada kewajibanku sebagai seorang pelajar yaitu belajar,belajar,dan belajar.Disatu sisi aku ingin sekali menjadi kebanggaan orang tua ,akan tetapi disisi lain aku masih tergoda dengan dunia remaja hanya dipenuhi dengan kebebasan.
Aku sadar setelah diberi tugas untuk mengikuti sebuah perlombaan .karena dari tugas itu yang tadinya aku jarang belajar dan lebih mengambil poin-poin pentingnya saja
,dari situ aku terus belajar agar aku dapat  memperoleh juara pada perlombaan itu.karna seringnya aku belajar semua pekerjaan rumah tak perna aku pikirkan dalam arti lain aku tak membantu Ibu, aku hanya Fokus Belajar demi mendapat juara hingga hari itu tiba aku merasa degdegan. Disaat pengumuman perlombaan ternyata aku gagal. Perasaan aku tak karuhan aku merasa bodho di Dunia. Aku sudah buat kecewa semua orang dan aku merasa tak berguna. Aku sempat down dengan adanya kejadian ini.
            Akan tetapi dengan adanya kejadiaan ini membuat aku sadar seberapa pentingnya aku harus belajar setiap hari. Aku bingung bagaimana caranya agar aku bisa belajar teratur ,efektif, dan dapat bangkit dalam kejadian tadi!!! Dan menunjukkan pada pada semua orang bahwa aku punya sebuah prestasi yang dapat dibanggakan nantinya.
             Konselor menjawab?
            Adikku Ficka untuk masalahmu tadi jangan terlalu sedih bila kamu ingin mencapai apa yang kamu inginkan dan solusi apa kamu harus melaksanakan langkah-langkah sebagai berikut :
            Begini bila kamu ingin menumbuhkan semangat belajar kamu harus,
Pertama mencari Profil orang-orang sukses
Kedua menanamkan motivasi dalam dirimu
Ketiga mengelola menejemen waktu
Setiap hari kamu harus membagi waktu dengan sebaik mungkin
            Memang masa remaja masa yang sulit dimana kamu sering tak dapat membendung emosi, karna kamu masih dalam tahap transisi dan mencari jati diri dan disini kamu harus mampu dan belajar menahan emosi.
            Jika memang kamu ingin belajar efektif harus belajar dalam sehari 2 mapel dan waktu yang tepat untuk belajar adalah setelah kamu istirahat bisa setelah isya dan bila ingin efektif pagi setelah sholat subuh karna disaat itu fikiran kita masih murni dan jernih. Kebanyakan belajar juga tidak baik, sebaiknya diselingi untuk istirahat, hobi dan bermain.
            Bila kamu sudah berusaha semaxsimal mungkin tapi kamu belum mampu mencapai yang kamu ceritakan tadi jangan bersedih, tanamkan dalam diri kamu “Kegagalan adalah keberasilan yang tertunda” dan jangan sekali” minder.ingatlah selalu “ I think if I think can”, bila ia bisa saya juga bisa. Dan teruslah belajar, bila belajar baca inti sarinya saja jangan dibaca semua karna itu hanya menjadi beban.
            Jangan menyalakan diri sendiri bila terjadi masalah. Dan bila kamu ingin berhasil, merasalah kamu sebagai orang yang bodoh. Karna bila kita merasa bodoh kita akan rajin atau giat dalam belajar. Jangan hanya kepandaian yang dicari atau ingin di dapat, tapi pengetahuan dan rasagiat pada saat kita belajar. Insya Allah dengan begitu, keefektifan belajar akan terwujud dengan sendirinya tanpa kita sadari, dan prestasi akan terwujud bila selalu disertai dengan do’a.

Label:

posted by MAN 2 PEKALONGAN @ 01.11  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
About Me

Name: MAN 2 PEKALONGAN
Home: Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
About Me: Sekolah MAN 2 Pekalongan
See my complete profile
Drama Of Indonesia
GAmbar Jurnalis
Foto-Foto
Jurnalis Karisma
Dinas keluar
Copyright 2010 Mas Edy Web Blog